A. Hadits pada nasa nabi Muhammad SAW
Pada masa nabi belum dilakukan pembukuan hadits karena ada factor-faktor berikut ini :
1. karena Rosulullah SAW maseh hidup
2. karena sedikitnya orang yang biasa menulis
3. pada masa itu orang arab masih buta huruf
B. Hadits pada masa sahabat
A· pada masa abu bakar dan umar ibnu khotob
pada masa ini masalah hadits maseh belum diperhatikan/dicuekin. Dan kalupun iya itu masih sangat minim. Hal ini karena beberapa sebab diantaranya :
1. pada masa mereka (abu bakar&umar) fikiran mereka terpecah menjadi 2 hal yaitu:
a. pada satu sisi mereka disibukkan untuk mempelajari dan mengumpulkan hadits.
b.Pada sisi yang lain mereka disibukkan untuk mengajak, membukukan dan memelihara al- qur’an
2. Pada mereka juga diibukkan oleh orang-orang yang memberontak dan menyimpang adari islam setelah wafatnya Rosulullah SAW
B· pada masa utsman bin afwan
pada masa utsman penyebaran hadits lebih maksimal, karena pada masa ini sudah banyak sahabat yang mempelajari hadits. Dan juga pikiran utsman sudah tidak terpecah-pecah karena pada masa ini al- qu’an telah dibukukan dan jga sudah sedikitnya pemberontak-pemberontak.
C. Hadits pada masa tabi’in
Pada masa ini sudah sangat maksimal penyebaran hadits, karena :
a. Hilangnya larangan untuk tidak meriwayatkan hadits
b. Sighorus shahabat yang bertambah usianya sehingga menyebarkan hadits
c. Munculnya berbagai persoalan yang membutuhkan penjelasan-penjelasan melalui hadits
d. Sudah banyak penulis
D. Masa pembukuan hadits
Setelah tersebarnya islam, meluasnya negri kekuasaan islam maka banyak sekali klangan-kalangan yang membuat hadits-hadits palsu. Maka umar bin abdul ‘aziz pemimpin islam 100 abad setelah Rosul wafat memerintahkan untuk membukukan hadits. Hadits dibukukan secara resmi pada tahun 2 hijrah.
Pada masa nabi belum dilakukan pembukuan hadits karena ada factor-faktor berikut ini :
1. karena Rosulullah SAW maseh hidup
2. karena sedikitnya orang yang biasa menulis
3. pada masa itu orang arab masih buta huruf
B. Hadits pada masa sahabat
A· pada masa abu bakar dan umar ibnu khotob
pada masa ini masalah hadits maseh belum diperhatikan/dicuekin. Dan kalupun iya itu masih sangat minim. Hal ini karena beberapa sebab diantaranya :
1. pada masa mereka (abu bakar&umar) fikiran mereka terpecah menjadi 2 hal yaitu:
a. pada satu sisi mereka disibukkan untuk mempelajari dan mengumpulkan hadits.
b.Pada sisi yang lain mereka disibukkan untuk mengajak, membukukan dan memelihara al- qur’an
2. Pada mereka juga diibukkan oleh orang-orang yang memberontak dan menyimpang adari islam setelah wafatnya Rosulullah SAW
B· pada masa utsman bin afwan
pada masa utsman penyebaran hadits lebih maksimal, karena pada masa ini sudah banyak sahabat yang mempelajari hadits. Dan juga pikiran utsman sudah tidak terpecah-pecah karena pada masa ini al- qu’an telah dibukukan dan jga sudah sedikitnya pemberontak-pemberontak.
C. Hadits pada masa tabi’in
Pada masa ini sudah sangat maksimal penyebaran hadits, karena :
a. Hilangnya larangan untuk tidak meriwayatkan hadits
b. Sighorus shahabat yang bertambah usianya sehingga menyebarkan hadits
c. Munculnya berbagai persoalan yang membutuhkan penjelasan-penjelasan melalui hadits
d. Sudah banyak penulis
D. Masa pembukuan hadits
Setelah tersebarnya islam, meluasnya negri kekuasaan islam maka banyak sekali klangan-kalangan yang membuat hadits-hadits palsu. Maka umar bin abdul ‘aziz pemimpin islam 100 abad setelah Rosul wafat memerintahkan untuk membukukan hadits. Hadits dibukukan secara resmi pada tahun 2 hijrah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar